Posted by: Ardhy Soca Bheler | July 24, 2011

nama panggilan yang unik

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama ! Inilah satu kata yang selalu dimiliki setiap benda. Ia adalah simbol atau identitas di mana manusia dapat mengidentifikasikan objek-objek yang ada di sekitarnya. Dengan nama pula, seseorang dapat membedakan suatu benda dengan benda lainnya, atau antara dirinya dengan hal-hal yang bukan dirinya.

Dalam sebuah nama terkandung sekumpulan informasi tentang identitas orang yang memilikinya, entah itu jenis kelamin, suku bangsa, kepribadian, agama, latar belakang keluarga, pandangan hidup, status sosial, budaya, dan lainnya. Walau tidak mencakup semua informasi ini, sebuah nama pasti mengandung minimal sebuah informasi tentang identitas diri.

Mungkin ini akan menjadi tulisan paling narsis karena di sini gw akan membahas sebuah nama. Nama gw sendiri, Ardi Soca Turonggo. Banyak orang bilang, “apalah arti sebuah nama”, tapi menurut gw, terkadang dalam nama itu sendiri terkandung sebuah makna. Apalagi nama yang diberikan orang tua kepada kita. Pasti memiliki arti dan maksud tertentu seperti doa dan harapan yang ditujukan untuk si buah hati.

Apa yang bisa anda tangkap apabila mendengar sebuah nama Ardi Soca Turonggo untuk pertama kalinya? Gw gk pernah nanya langgsung pertanyaan tersebut kepada orang-orang di sekitar gw, yang paling mencolok dari nama gw adalah unsur-unsur jawa yang kental di sana. Gw gk heran mengapa bokap gw  memilih nama itu untuk gw. mungkin bokap gw masih sangat menghargai tanah asalnya, terutama kebudayaan jawa, sehingga nama yang diberikan untuk gw dan saudara-saudara gw adalah nama yang berbau khas jawani. Tapi kalo ketemu gw sebelum tau nama panjang gw, pasti pada gk percaya kalo gw orang jawa, kenapa ya?

Karena menurut gw setiap nama memiliki makna, gw sempat nanya arti atau maksud yang sesungguhnya kenapa bokap gw memilihkan nama tersebut untuk gw. Berikut adalah penjelasan yang diberikan boakp gw  : catur berarti anak ke 4 kata bokap gw, makanya nama gw Soca Turonggo atau di ambil kata tengah’a soCA TURonggo. Tapi gw punya pendapat sendiri tentang arti nama gw. Ardi berarti Gunung. Soca diambil dalam bahasa sunda berarti Mata kok jd kesunda-sunda ya???. Sedangkan Turonggo berarti “Jaran Ireng” (kuda Hitam). Kalo disambungin arti gw jadi (Gunung Mata Kuda Hitam). Emank ada ya???.

Mungkin gw sudah terbiasa dengan istilah nama panggilan, karena sejak kecil gw  pun sudah mempunyai nama panggilan. Yang pertama Encek, Masuk SD (Ardi), Masuk SMP (Soca), sebenernya gw gk suka dipanggil Soca, mentang-mentang dijakarta nama “Soca” Dibaca “Soka” norak baget, tapi lama –kelama gw jadi biasa, jadi buat temen-temen SMP 283 terusin dah manggil gw Soca gw seneng kok J. Pas masuk SMP kedua, kok kedua?? Biasa, gw kan masih masa pertumbuhan jd aga dikit bandel jd pindah sekolah  deh, Pas pertama kali masuk manggilnya enak (Ardi). Besoknya terjadi musibah yang membuat nama gw berubah, begini ceritanya : Pagi-pagi kepala dah pusing meriang pula terpaksa gw ijin, pas mau ijin ternyata alm.Guru yang lagi piket temen bokap gw, hal hasil gk diijinin malah disuruh tidur dikelas maklum gk ada UKS karna sekolahnya kecil  tapi negeri loh gw mendapatkan nilai sempurna lulus dari SMP 246, karna yg mantau tmn bokap gw jadi rajin deh heheheheheh. (jangan ditiru), lanjut kecerita tadi, pelajaran pertama masih tidur, pelajaran kedua masih nyeyak, pas pelajaran ketiga yang masuk wali kelas killer lg.

Wali kelas Killer : Yang anak baru maju kedepan

Gw panik pas dibagunin temen gw, mata merah nyawa belum ngumpul pas jalan kedepan nabrak meja

Wali kelas Killer teriak, kamu mabok yak ok matanya Bheler begitu, teman-teman gw pun langsung ketawa dengan senangnya, terjadilah nama gw sampai saat ni masih membuming sampai sekarang (Bheler). dan nama ini, memang nam asli gw. Tp gw seneng punya nama ni karna unik.

ternyata panjang juga tulisan ini. saya sendiri bingung, kenapa saya sampe menuliskan tentang ini secara detail. mungkin gw seneng punya nama panggilan yang unik. Jadi gw  mengambil kesimpulan bahwa panggilan aku-kamu itu bukanlah sebuah panggilan yang harmonis.


Responses

  1. haha lucu critanya pas asal usul nama panggilan (bheler) ketauan dikelas tukang tidur ya…hehehe :)

  2. prikitiew…

  3. ajaaaaat,,, ajarin w java donk,,,, buta sama sekali gw java,,, T_T

  4. comment lo berdua keluar jalur ahk… gk asik.. :P


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

